Situs Informasi Travelling & Kuliner Lampung

Star Purnama menyediakan informasi travelling & kuliner di Lampung

Pasang Slot Iklan

Informasi Harga Pasang Slot Iklan
cara tepat untuk pasang slot iklan dan mempromosikan Produk Anda

Metode Pembayaran Pasang Slot Iklan

Lakukan pembayaran melalui akun

Bakso Setan, andalan Bakso Besar di Bandar Lampung

Musim hujan memang memiliki keunikan tersendiri,salah satunya adalah menurunan suhu di lingkungan sekitar kita karena hujan yang mungkin tiada henti mengguyur, baik dengan intensitas yang ringan bahkan deras. Untuk urusan kuliner, sangat mengasyikkan jika kita menyantap makanan yang hangat, terlebih makanan yang berkuah. Makanan berkuah ada banyak sekali jenisnya, salah satunya yaitu bakso.

Panganan berbahan daging ini berbentuk bulat dengan beberapa varian selain bakso polos seperti bakso tahu, bakso urat, bahkan bakso telur, dan yang paling spesial yaitu bakso setan. Daging yang digunakan biasanya daging sapi, namun tak sedikit yang menggunakan bahan baku lain seperti ayam, ikan atau udang. Di Kota Bandar Lampung sendiri, telah banyak berjejer kios bakso yang menggugah selera, mungkin salah satunya sudah menjadi tempat setia anda kala ingin menikmati gurihnya kuah dan nikmat nya bakso.

Namun kali ini saya akan membahas Bakso yang spesial yaitu bakso Setan, bakso ini bukan lah bakso normal yang biasa Anda temui di berbagai pedagang atau pelapak bakso. Jika bakso yang Anda temui dan santap berukuran 2 sampai 3,5 centimeter tiap butirnya, bakso Setan memiliki diameter jumbo yaitu 10 cm, yang membuat mulut akan segera berdecak kagum dan tak sengaja melontarkan kalimat, "Buset Kegedean". pokoknya mantap dan sedap bangettt..

Pada awalnya, bakso yang berlokasi di Jalan Pajajaran, Bandar Lampung ini tidak menggunakan nama Setan sebagai merek dagang mereka. Sekitar tahun 2010-an bakso mereka justru menggunakan nama "Jirem" yang merupakan singkatan dari Siji Marem.

Budi Sinde Santoso, sang pemilik, menuturkan bahwa ukuran bakso menjadi nilai lebih lapak bakso yang ia kelola. Ukuran menjadi ciri khas yang membedakan Bakso Setan dengan bakso lain yang ada di Bandar Lampung.
"Lagi pula buat apa makan bakso begitu banyak, jika cukup makan satu bakso berukuran besar," begitu guraunya di sela kesibukannya melayani pengunjung.

Menempati bangunan persis di sisi rel kereta api, Budi mengatakan keahlian membuat bakso yang ia miliki merupakan turunan dari sang ayah Sunaryo yang juga merupakan pedagang bakso.
Mulanya Sunaryo di era 1970-an menjajakan bakso dengan berdagang keliling. Hingga pada tahun 1983 mulai mangkal di satu tempat. Barulah pada 1995 mulai menempati bangunan di Jalan Pajajaran yang bersebelahan dengan rel kereta api.

Lapak yang berukuran kurang sepuluh kali tujuh meter ini pun cukup nyaman untuk bersantai dan menyantap bakso. Apalagi bakso setan dengan ukuran jumbo ini memiliki rasa yang lezat.

Meski berukuran besar, rasa daging di dalam bakso begitu dominan. Bahkan di beberapa bagian kita akan menemukan cacahan urat yang sengaja tidak terpotong halus untuk memberikan sensasi kriuk yang seru. Jika anda berminat dengan Bakso Setan, anda cukup merogoh uang sebesar 60 ribu saja dan anda akan dapat menikmatinya.

alamat bakso setan: Jalan Pajajaran, Bandar Lampung 
Related Posts

NEWSLETTER SIGNUP