6 Grup Band Lampung yang mengguncang Musik Tanah Air

Bicara mengenai musik dan pelaku musik di tanah air, mengingatkan kita akan nama-nama besar yang begitu sangat memberikan pengaruh terhadap perkembangan musik di Indonesia. Dari masa ke masa banyak artis, band, yang bermunculan kemudian tenggelam, muncul generasi baru kemudian tenggelam dan seterusnya…

Anda pastinya sudah bisa menebak, daerah mana yang saat ini telah sukses menjadi “kantong” baru di tanah air yang produknya juga telah sukses di pasaran. Kangen Band, Kenari, The Potters, Hijau Daun, Kadal Band, Setia Band, D'sinka Band,  mereka adalah band yang berhasil membuktikan kepada khalayak ramai bahwa Lampung sekarang telah menjadi pemasok band yang bisa diperhitungkan.

Baiklah kita akan membahas 6 Grup Band Lampung yang Mengguncang Tanah air. Berikut Nama-nama grup band tersebut.

1. Kangen Band


Kita sempat dikagetkan dengan kehadiran Kangen Band, begitu banyak pro dan kontra terhadap mereka. Dari yang sifatnya mencemooh, menganggap mereka belum pantas jadi artis, dan men “judge” musik mereka adalah musik kampung, dll.

Yang tanpa disadari akhirnya banyak orang yang simpatik terhadap mereka dan akhirnya mendapat pengakuan publik bahwa Kangen Band adalah band sukses (inilah yang dinamakan fenomenal).

Tak sedikit pemusik atau grup musik yang lebih terkenal ketimbang karyanya. Tapi tak demikian dengan grup musik Kangen Band. Kelompok musik yang digawangi enam pria asal Lampung ini lebih terkenal lagu andalannya "Usai Sudah" ketimbang penyanyinya. Karena itulah kelompok yang berdiri dua tahun silam ini sempat dijuluki band hantu.

Personil Kangen Band: Doddy (gitar), Andika (vokal), Tama (gitar), Lim (drum), Nory (bas), dan Barry (kibor).

2. Hijau Daun Band
Hijau Daun merupakan grup musik Indonesia yang berasal dari Teluk Betung, kota Bandar Lampung. Grup musik ini dibentuk pada tahun 2008. Anggotanya berjumlah 5 orang yaitu Dide (vokal), Array (gitar), Arya (gitar), Denny (drum), Richan (bass). Album pertamanya adalah Ikuti Cahaya yang dirilis pada tahun 2008. Band ini umumnya bergenre pop.

Singel pertamanya Suara (Ku Berharap) mencatat angka unduhan ringback tone sejumlah 1,5 juta kali selama masa September-Desember 2008. Pada tahun 2009, lagu ini dinyanyikan lagi oleh Dide (tidak dengan grup) bersama Luna Maya dengan aliran Pop Dangdut, namun pitch control nya lebih tinggi dibanding versi aslinya.

Hijau Daun mengawali karier musik profesionalnya melalui label Sony BMG Indonesia pada bulan April 2008. Debut album perdana Hijau Daun diluncurkan pada tahun 2008 dengan judul IKUTI CAHAYA.

Single pertama dari album yang berisi 10 lagu ini, Suara (Ku Berharap) berhasil mencatat angka 1,5 juta untuk RBT selama bulan September-Desember 2008.
  • Dan di bulan April, RBT single Suara (Ku Berharap) berhasil mencapai aktivasi sebanyak 6 juta. 
  • Dan Hijau Daun telah memperoleh platinum sebanyak 6 kali. Pertengahan April 2009, Dide dkk dinobatkan sebagai Band Pendatang Baru Terdahsyat di ajang 'Dahsyatnya Award'. 
  • Jelang bulan Ramadhan, Hijau Daun mengeluarkan single religi Akhirnya, yang sebelumnya dibawakan oleh Gigi. Single ini sendiri dinyanyikan secara duet dengan Nindy. 
  • Di ujung bulan Oktober 2009, Hijau Daun kembali meraih penghargaan. Kali ini mereka menangguk prestasi dari Indigo Awards 2009 dalam tiga kategori, Band Terbaik, Artis Pop Terbaik, dan Artis of the Year.

  • 3. The Potters

    Frans Rizky Aditya atau lebih dikenal dengan Rizky The Potters. Rizky The Potters yang lahir pada tanggal 25 Mei 1986 ini merupakan vokalis The Potters yang hits dengan lagu “Keterlaluan”.

    Band dari Lampung ini mencoba meraih sukses di blantika musik Indonesia.

    Band yang bernama The Potter’s ini terdiri dari:

    • Frans Rizky Aditya alias Rizky(23 th) (vokalis), 
    • Jeremiah Jason Paul alias Jason (26 th) (gitaris), 
    • Benny Fernando alias Benny (25 th) (drummer), 
    • dan juga Bonix Abdul Kadir alias Bonix (25 th) (bass). 


    “Bintangku” menjadi album perdana The Potters yang diisi dengan sepuluh (10) buah lagu. Lagu “Keterlaluan” adalah hit single pertamanya. Sementara lagu-lagu lain yang sepertinya bakal menjadi single jagoan The Potters diantaranya adalah “Aw…Aw”, “

    Seiring berkembangnya waktu, The Potter  mengalami perubahan personil 2011 terdiri dari (drum), Rizky alias Kiki  (vokal), Bonix Abdul Kadir alias Bonix  (bass), Air Langga alias Atoy (gitar)

    4. Kadal Band

    Kami Anak Desa Asal Lampung (KADAL) Band. Band bukan lagi didominasi oleh anak-anak Perkotaan, tapi anak-anak desa yang kreatif pun mampu membuat Album yang karyanya cukup digemari oleh masyarakat dihampir seluruh pelosok indonesia terbukti dengan banyaknya bajakan-bajakan CD yang beredar di Glodok yang lagunya “KADAL Band yang Berjudul ‘Cinta Tak Direstui” menjadi urutan pertama dalam Kompilasi yang sudah tersebar luas dan laris terjual, walaupun tanpa diketahui dan izin dari sang KADAL Band itu sendiri.

    Adit.OB (Producer Mbah Surip) Menangkap peluang tersebut dan mencari informasi yang sebenarnya ternyata mereka adalah anak Lampung yang saling berdekatan dan membuat Grup Band seadanya dengan musik yang sederhana syair yang mengalir sesuai dengan kisah cerita percintaan mereka yang sebenarnya yang dijadikan sebuah lagu yang berjudul ‘Cinta Tak Direstui’ ini kisah pribadi saya Looh Pak...Kata mereka
    Lagu ini sudah banyak sekali beredar di YouTube dan hampir sekitar SeJutaan orang yang melihat Video amatir yang dibuat sendiri oleh orang-orang yang suka pada Lagu tersebut Personil KADAL Band terdiri dari 7 orang personil mereka adalah :
    1. Alimudin : Vocal
    2. Melisa : Vocal
    3. Anang : Bass
    4. Rahmanuddin : Guitar1
    5. Rudiat : Guitar2
    6. Muhamad Syahril : keyboard
    7. Rohendi : Drum

    5. Kenari Band
    Sebelum terbentuknya nama KENARI ini, band ini mempunyai  nama BOONKARAN yang bermain musik dari satu panggung ke panggung yang lain.

    Berikut Personil Kenari Band :

    Nama : Yanuar Fajri Siddiq
    Nick Name : Bace (vocalist)

    Name : Ade Thamrin Effendi
    Nick Name : Ade (Qiay) (lead gitar)

    Name : Ricky Hambali
    Nick Name : Aceng (gitar rytem)

    Name : Febriyanto
    Nick Name : Embi (Bass)

    Name : Ahkmad Asyhari
    Nick Name : Tong - Q (Drum)

    6. D'sinka Band

    D'SINKA sebuah nama grup band dari lampung selatan daera kecamatan candipuro beraliran musik pop alternativ terbentuk 6 februari 2012
    Anggota:

    • Djuma:vokal
    • Denny:gitar 1
    • Imam:drummer
    • Ary wibowo:bassis

    Demikian tadi Grup Band asal Lampung yang telah mengguncang Musik Tanah Air, semoga tetap semangat buat para grup band untuk tetap mewarnai musik tanah air kita... semangatt,,,

    NEWSLETTER SIGNUP